JIDAN: Pesantren Humanist (Virtual) Gelar Pengajian Kitab Kuning Ramadhan 1442 Hijriah

Pesantren Humanist (Virtual) di bawah naungan Yayasan Humanity and Social Transformation Center (Humanist Center) memiliki tiga agenda kegiatan selama bulan Ramadlan 1442 hijriyah (2021), antara lain adalah JIDAN (Ngaji Ramadhan) Kitab ‘Kasyifatus Saja’ dan Kitab ‘Kifayatul al-Atqiya’ secara virtual melalui live-streaming di Youtube Channel “Humanist Indonesia”.

Kitab ‘Kasyifatus Saja’ merupakan syarah dari Kitab Safinah umumnya menjadi acuan bagi para ulama dalam memberikan pengetahuan dasar agama bagi para santri pemula. Di Timur Tengah ‘Kasyifatus Saja’ dijadikan sebagai tugas pertama yang harus dipelajari dan dihafal oleh para santri. Kitab ini membahas hal-hal yang menjadi kebutuhan muslimin dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, semua orang merasa penting untuk mempelajarinya.

Kitab ‘Kifayatul Atqiya’ merupakan Kitab Tasawuf karya Sayid Bakari al-Makki bin Sayid Muhammad Syatho ad-Dimyathi. Meski tak semasyhur karyanya di bidang fikih,  sama sekali tak mengurangi nilai dan kualitas hasil karya itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *